Sunday, April 14, 2019

Wisata Alam Bawah Tanah ke Goa Kiskendo Kulon Progo
Oleh: Silvia Destriani



Hai, hai, Gaes! Kali ini saya mau review tentang tempat wisata alam yang recommanded banget nih di Jogja.

Jogja memang enggak ada matinya, Gaes. Wisata alam dari pegunungan, pantai, bawah tanah, sungai, hutan, dan lain sebagainya serba unik dan istimewa.

Liburan hari rabu lalu, kami sekeluarga menyempatkan diri untuk mengeksplorasi wisata alam Kulon Progo. Goa Kiskendo menjadi destinasi yang kami tuju, Gaes.

Goa Kiskendo dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat, Gaes. Jalanan menuju ke sana sangat bagus, lancar, dan menyajikan pemandangan yang sangat cantik.



Jika Sahabat ingin menikmati keindahan  alam bawah tanah dari Goa Kiskendo, jangan khawatir akan kegelapan. Juru kunci di depan pintu masuk akan menawarkan senter untuk menerangi jalan. Selain itu, sepanjang jalan di dalam goa juga telah dipasangi penerangan, Gaes. Cukuplah untuk menikmati suasana redup dan asyik di dalamnya.

Stalagtit dan stalagmit begitu indah menjuntai-juntai di langit-langit dan sisi-sisi permukaan Goa Kiskendo. Kita bebas berteriak-teriak di dalam sana sepuasnya. Lucunya lagi, anak-anak sedikit pun tak merasa takut, Gaes. Amazing banget pokoknya.


Suara tetesan air dari atas goa dan aliran sungai di dalamnya benar-benar menyejukkan hati, Gaes. Ketenangan benar-benar terasa syahdu. Di beberapa sudut goa kami temukan titik-titik pertapaan, karena tempat ini memang sejak dulu digunakan sebagian oramg yang mengharap keberuntungan dari makhluk astral yang berdiam di dalamnya. Tetapi, kita sebagai manusia beragama yang takut akan Tuhan jangan sampai ikut-ikutan, Gaes. Dosa syirik tak terampuni!



Nah, Sahabat yang berminat ke Goa Kiskendo, gampang banget caranya. Kalian tinggal buka aplikasi google map, bakal sampai deh dengat tepat di sana he he.

Oh ya, ongkos masuknya murah banget, Gaes. Cukup keluarkan Rp 6.000/orang untuk tiket masuk ke Goa Kiskendo.

Lokasi Goa Kiskendo:
Jalan Raya Kaligesing, Girimulyo, Kulon Progo, DI. Yogyakarta

Silvie's Notes . 2019 Copyright. All rights reserved || Kontak Kami : silvia.destriani@gmail.com.