Friday, April 26, 2019

Jelajah Rasa Sate Kambing Mbok Galak Solo
Oleh: Silvia Destriani



Hai, Gaes! Masih bahagiakah kalian hari ini? Jangan lupa bahagia ya! Nah, salah satu cara bahagia yaitu dengan jalan-jalan dan wisata kuliner, Gaes!

Rabu lalu, saya sekeluarga jalan-jalan ke kota Solo, Gaes. Kami menghabiskan waktu selama dua hari di sana yakni rabu dan kamis. Itu juga dadakan, Gaes, bulan tua pula. Dadakan itu memang asyik, tidak perlu banyak perencanaan kita langsung cap cus, Gaes.

Nah, ini kali kedua kami melancong ke Solo. Seperti kunjungan sebelumnya, kami memutuskan menginap semalam di Lorin Hotel Solo. Di postingan selanjutnya insya Allah saya akan menceritakan pengalaman kami sekeluarga menginap di sana, Gaes. Hotelnya dengan nuansa alam yang indah banget, Gaes.

Perjalanan kami dari Sleman Yogyakarta menuju Solo ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dengan kecepatan santai. Berangkat dari rumah sekitar pukul 09.30, sampai di Solo sekitar pukul 12.00 WIB.

Sesampainya di Solo kami memutuskan untuk makan dulu di Warung Sate Kambing Mbok Galak. Konon katanya warung sate kambing ini terkenal banget, Gaes. Bahkan menjadi tempat makan favorit Jokowi.


Warung Sate Kambing Mbok Galak ini terbilang sederhana, di spanduk dituliskan kalau warung ini tidak ada cabang. Jadi, kalau kalian menemukan Warung Sate Kambing Mbok Galak di tempat lain selaim di Solo sudah dipastikan palsu alias tiruan, Gaes.

Saat kami datang, memang jam makan siang. Jadi, pengunjung sudah cukup ramai. Saat baru duduk, kami sudah disodorkan menu dan tak berapa lama menu-menu olahan kambing yang lezat sudah dapat kami nikmati. Enggak pakai lama pokoknya, Gaes!

Oh ya, waktu itu kami mencoba menu: Sate Buntel, Tengkleng, dan Tongseng. Untuk yang membawa anak kecil, saya sarankan pesan sate buntel, Gaes. Anak-anak saya suka. Sate Buntel adalah olahan daging kambing yang dibuntel-buntel pada bilah bambu lalu dibakar setelah diberi bumbu aneka rempah.

Untuk tengklengnya, saya syok, Gaes! Ternyata porsinya jumbo! Padahal saya kan makannya sedikit, dan saat itu saya baru sekali mencoba tengkleng. Wah, terpaksa tak saya habiskan karena sudah kekenyangan, Gaes.

Untuk tongsengnya lumayan enak, kata suami yang memang doyan tongseng. Tapi, berhubung dia tak suka pedas lada, tongseng itu pun terpaksa bersisa di atas meja. Maafkan kami!

Untuk harganya, saya tak melihat detail. Lupa foto bill-nya. Untuk 3 menu ditambah minum (air jeruk panas, es teh, es jeruk) total Rp 126.000. Menurut kalian mahal enggak?

Nah, buat kalian pencinta olahan daging kambing, enggak ada salahnya dicoba, Gaes! Jika berkunjung ke kota Solo, mampirlah ke Warung Sate Kambing Mbok Galak. Setting di google map langsung ketemu, Gaes!

Warung Sate Kambing Mbok Galak:
Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 122, Sumber, Solo.


Yogyakarta, 26 April 2019

Silvie's Notes . 2019 Copyright. All rights reserved || Kontak Kami : silvia.destriani@gmail.com.